SENGON LAUT, warisan untuk anak.

SENGON LAUT untuk WARISAN,pertimbangkanlah mulai sekarang

SENGON LAUT untuk WARISAN,pertimbangkanlah mulai sekarang

Berapakah usia anak anda, apa yang akan anda berikan ketika ia menikah 5 tahun lagi ?Apa yang sedang anda persiapkan untuk saat pernikahannya? Tahukah anda, berapa harga  kayu sengon laut 5 tahun lagi ?

  • Jika anda hanya punya 1000 m2 lahan di desa, segera tanami sengon laut.
  • Pada saat ini, harga 1 m3 sengon laut Rp.600.000 , 5 tahun kemudian ,harganya Rp.1.000.000/m3.
  • 1000 m2 bisa ditanami 250 pohon, dan jika setiap pohon menghasilkan 0.2 m3  , 5 tahun  kemudian akan  dipanen  minimal 40 m3 senilai 40.000.000 rupiah.
  • Biaya bibit Rp.500/pohon, biaya tanam Rp. 500/pohon dan pupuk Rp.250.000.
  • Jika lahan anda 1000m2 dan anda punya uang Rp.500.000 ,ini adalah investasi terbaik untuk anak anda.
  • Jika anda butuh bibit gratis, koordinasikan  penanaman ke seluruh penduduk desa, dan beberapa perusahaan produksi plywood ,siap menyumbangkan bibitnya, gratis .

Sengon kami ,yang ditanam 3 tahun yang lalu ,akhirnya kami jual , untuk biaya  mengembangkan kebun ini. Harga borongan, Rp.50.000/tanaman , ada 800 tanaman . Ada yang diameter 25 cm dan ada yang diameter 15 cm .

panen-sengon-023

 Harga itu akan meningkat menjadi Rp.200.000/pohon, jika kami sabar menunggu sampai 5 tahun. Dengan uang itu, kami akan menambah jumlah kambing Peranakan  ETTAWA  menjadi 40 ekor indukan/betina ,agar mencapai skala produksi susu .

About these ads

75 responses to “SENGON LAUT, warisan untuk anak.

  1. sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas infonya tentang sengon laut, saya mjd terinspirasi untuk menanam di kampung saya…
    sanya ada pertanyaan, mungkin anda bisa membantu…
    berapa meter jarak penanaman antar satu pohon sengon dg yang lain?
    apa dampaknya jika terlalu rapat?
    pupuk apa yg baik untuk tanaman sengon dan sampai umur berapa sengon hrs diberi pupuk?

    mohon bantuanya…terima kasih (denmasvan@yahoo.com)

  2. Trima kaih infonya, saya mau tanya bagaimana cara penanaman dan budidaya pohon sengon yang baik?,karena saya mulai tertarik untuk investasi pohon sengon untuk anak cucu saya .

  3. trimakasih infonya, sangat inspiratif. saya ingin bertanya, selain biaya2 yang sudah disebutkan, bagaimana biaya perawatannya? apakah harus menggaji orang untuk merawatnya? berapa biayanya sampai pohon itu bisa diambil 5th kemudian? trimakasih.

    • wasteorganic4healthy

      Bu Widiasih,Pak Hendrik
      sebaiknya kerjasama bagi hasil dengan penduduk desa setempat.Tidak perlu gaji orang untuk merawat. Kalau ada 100 pohon, nanti ,kalau panen , yang merawat dapat 25 pohon, yang punya lahan dapat 75 pohon. Perawatan sengon laut,terutama pada saat mulai musim hujan, ditahun pertama, diberi pupuk 5 kg pupuk organik dan 1 kg pupuk NPK per tanaman . pupuk organik harganya sekitar Rp. 1500 per/kg, sebaiknya cari yang dalam bentuk asli ( bubuk kasar ) , bukan dalam bentuk granul ( butiran ) . Untuk pupuk NPK ,biasanya bentuk butiran ,ada tertera NPK 15:15:15.Dibenamkan di sekeliling pohon, jarak 75-100 cm . Pada saat pebenaman pupuk NPK, pasti kita sedikit mencangkul tanah di sekitar pohon .Tanah cangkulan ini, dicampur dengan 5 kg pupuk organik ,dan dipakai mengubur pupuk NPK tadi. Kalau besoknya tidak hujan, mesti diairi dengan air dari saluran irigasi setempat. Pupuk organik tidak bereaksi kalau tidak kena air .

      Di awal musim kemarau , dipupuk lagi dengan dosis yang sama.Sengon laut butuh diairi 2 minggu sekali, tapi dia tidak mau tanahnya menahan air ( becek ) .Jadi ,tanah sawah yang baik ,tidak cocok untuk sengon laut.Cocoknya di tanah yang cukup porous ,tapi banyak air . Tanah yang miring biasanya cocok untuk sengon laut, dipinggir sungai juga bagus.

      Satu hal lagi, sengon laut tidak boleh bercabang. Jadi, yang dipelihara cuma 1 batang utama itu. Kalau mulai ada cabang,segera dipotong dengan arit/clurit yang diikat di ujung tiang bambu yang panjang,karena sengon laut umur 1 tahun,tingginya sudah 8 meter . Potongan cabang dan daunnya, menjadi makanan hijauan kambing PE.
      jadi, kita cukup datang sebulan sekali, dan yang paling perlu diawasi ya pengairan di musim kemarau ( 2 minggu sekali ) + tidak boleh ada cabang . Tahun ketiga , tidak perlu dipupuk lagi . pohonnya sudah diameter 20 cm – 25 cm .

      Kalau ada benalu di cabangnya, juga perlu dibuang.

      Di beberapa daerah, dibawah sengon laut,beberapa petani masih bisa menanam jahe gajah ,tanamnya di karung bekas karung beras.Karena pakai pupuk organik, jahe gajah nya juga ikut besar-besar, dipanen setahun kemudian.Tahun iedua dan ketiga ,sepertinya sudah tidak bisa ditanami lagi, sudah terlalu rimbun .

      Selamat mencoba, mumpung lagi ada himbauan : INDONESIA MENANAM 100 JUTA POHON UNTUK DUNIA. Kalau penduduk INDONESIA 250 juta ,satu keluarga 5 orang berkewajiban menanam 2 pohon .Kalau keluarga bu Widiasih atau keluarga pak Hendrik tanam 200 pohon, itu sudah 200 X kewajiban . Kita lagi butuh banyak masyarakat yang concern tentang penghijauan ,lagian ,tempatnya jadi teduh, nyaman dilihat .

  4. kasih tips yg lainnnya dong

  5. Bgm cara brtani sengon laut secra baik agr mendaptkn hasil yg maksimal

  6. bu widi dan pak hendrik kyknya co2k banget tu..cara perawatannya, saya bisa minta cara perawatan mulai dari tanam sampe umur satu tahun tadi lebih detail, dapat infonya dari buku pa??, soalnya saya sedang mencoba menanam sengon 1000 batang. terima kasih. mohon dibalas di email sy

  7. saya bermohon diri untuk pencerahannya tentang SENGON….
    saya seorang yg ada diluar pulau jawa.
    tepatnya dipulau belitung.
    saya lihat disekitar saya,
    orang pada demam sengon?
    dimana2 ngomongin untungnya sengon?
    tapi menurut saya,
    itu cuma iming2 atau impian mereka yg dipulau jawa & dipulau besar lainnya yang perusahaan penadahnya sudah jelas & jaraknya antarnya dekat?
    yg jadi pertanyaan saya,
    yg kami yg masih mau dibawa keluar pake tongkang dsb nya nanti nih prospeknya bagaimana?
    masih ada keuntungan nya gak?
    apalagi yg kita tanam rata2 2-3ha?
    tolong donkkk…. pencerahannya buat kita yg tempatnya sedikit kurang strategis?
    baiknya seperti apa?
    terus kira2 ada gak badan investor yg bisa diajak kerjasama untuk perkebunan ini,kalo ada mohon kontak nya?
    terus hasil panen sengon yg sudah dipotong2 bisa gak dimuat dlm truk & dibawa pake kapal fery (no-tongkang) ?
    rata2 belahan kayu panen nya /brp meter ?
    trus mohon info buyer kontaknya (mungkin untuk konsultasi) ?

    sebelumnya saya ucapkan terimasih banyak,
    repli my mail aja….
    dedibelitung01@gmail.com
    *ditunggu saran & kritiknya segera dari kawan2 semua….*

  8. sayaa tahun lalu membuat percontohan model agroforestry sengon dgn tanaman sayuran di lahan petani yang miring di daerah kaki gunung merbabu. saya menanam kurang lebih 120 sengon laut.. dan sekarang yang hidup masih sekitar 40 tanaman.
    yang saya tanyakan sengon laut tersebut cocok dan mampu ga sieh hidup dan bertahan di lahan miring tersebut.
    trus untuk penanganan tanaman yg terkena hama penggerek batang bagaimana yah? terima kasih atas perncerahanya. bisa di reply di email saya : starj3s_id@yahoo.com

    terima kasih.

    sekli surono

  9. Sekarang ini saya lagi merangkai,bagaimana caranya memelihara kambing PE dengan pakan yang murah dengan memanfaatkan potensi alam yang ada.Alhamdulillah saya menemukan artikel pohon sengon yang ternyata daunnya bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak dan tanaman ini saya pikir bisa dikombinasikan dengan rumput gajah.Mari kita menjadi lingkungan hidup supaya kita bernapas dengan segar,tidak kekeringan dan kebanjiran.Thank atas artikelnya.

  10. Pak kalo boleh tau bapak tinggal dimana? punya bibit kambing etawa?

    Timakasih

    Amir AA

    • wasteorganic4healthy

      Saya tinggal di Kupang Jaya 2/40 Surabaya ,bibit kambing PE nya saat ini masih belum ada, sehabis dimuat di Agrobis edisi 840 ,beberapa orang membeli bibit yg masih dara atau sedang bunting.

  11. Saya sebagian orang yang mulai tertarik menanam pohon sengon. Saya punya lahan ukuran 3000 m2. Langsung dan singkat aja ya pertanyaannya, bagaimana cara/syarat menanam sengon yang tepat/baik,terus apa dampak pada tanaman disekitarnya? mungkin begitu aja, kami tunggu penjelasannya, yang jelas saya tertarik dengan menanam sengon itu, mohon bantuannya ya. Trimakasih.

  12. Iskandarsyah Satriya

    pak .. inisaya udah mulai mencoba menanam di lahan 7 ha tadinya saya taman dengan 8600 bibit tapi gagal, terus saya ulang lagi dengan 17000 bibit dan alhamdillilah ini udah mau tumbuh tunas baru,
    pak .. tolong kasih saya semangat …
    nanam sengon itu kan lebih baik saat ini soalnya saya masih menyiapkan 14,5 ha, tapi teman bilang karet lebih oke.. giman dong pak

  13. kalo sengon laut suatu saat pada daunya ada kayak ular tapi bukan ular tapi itu pnyakit gimana cara mengatasinya yang bagus ………..?

  14. apa beda sengon biasa dengan sengon laut?
    trus yang dimaksud dengan sengon buto itu apa ?
    trimakasih

  15. kalo tidak disiram apa tahan hidup pas musim kemarau

    • wasteorganic4healthy

      Tidak kuat pak, tapi kalau tanamnya tepat 1 bulan sebelum musim hujan, masih bisa tahan di musim kemarau. Asalkan selama 1 bulan itu disiram minimal 4 x. Biasanya ,kalau tidak diairi selama musim kemarau, batang pohon tidak bisa besar.

  16. Saya sangat tertarik dgn tanaman sengon n skrng saya sudah menanam kayu sengon seluas 2,5 hektar, n kelihatanx pertumbuhanx sangau lambat n tidak rata pertumbuhanx.
    yg ingin saya tanyakn berapa jarak antara dr pohon ke pohon kta menanamx n ap pupuk yg palìng tepat untk tanaman sengon in ?

  17. saya mau tanya brp ton pupuk NPK Bash yang di perlukan klo kebun 100Hk dan dalam jangka berapa tahun pemupukan NPK Bash dilakukan dalam pemupukan pohon sengon.
    dan klo pohon sengonnya di Aceh saya bisa jual kemana.

  18. Dear,

    Kami menawarkan kontrak kerja sama penanaman bibit Sengon Laut, Sengon Solomon, Jabon, Mindi, Siren utk Area Jawa Timur.
    dan Kami siap mensupport kebutuhan bibit Anda.
    Hub kami di nomor 0888 566 1926 ; 0888 581 5861 ; 085 731 584 574 atau email : kebun.kecilku@yahoo.com

    regards,

    angelina

  19. berapa jarak ideal untuk menenam bibit sengon laut dan bagaimana perwatan yang baik,sya punya 1.750m2 tanah bru saya tanami 60 bibit.

  20. pak.cara tanam jaraknya berapa m’

  21. pak, di desa saya banyak yang menananm sengon laut, tetapi ada hama ulat yang memakan daunnya. ketika daun habis dimakan ulat, kemudian makan kulit sengonnya. bagaimana caranya agar membasmi ulat-ulat tersebut.? karena ulat tersebut ada pada pohon yang sudah tinggi (berumur 2 tahun ke atas) tidak mungkin kan disemprit mengingat pohonnya yang tinggi. sebelumnyaTerima kasih pak atas bantuan. bisa dikirim ke email saya makasih pak

  22. pak, di desa saya banyak yang menananm sengon laut, tetapi ada hama ulat yang memakan daunnya. ketika daun habis dimakan ulat, kemudian makan kulit sengonnya. bagaimana caranya agar membasmi ulat-ulat tersebut.? karena ulat tersebut ada pada pohon yang sudah tinggi (berumur 2 tahun ke atas) tidak mungkin kan disemprot mengingat pohonnya yang tinggi. Kemudian pohon itu mati. karena kulitnya dimakan ulatsebelumnyaTerima kasih pak atas bantuan. bisa dikirim ke email saya makasih pak

  23. Salam,
    saya tinggal di pulau Penyalai(daerah kepulauan, kondisi tanah disini warna hitam dan agak asin airnya dan Tiap bulan ada air pasang.
    1. Terus yang saya tanyakan apakah bisa ditanami sengon laut?
    2. Seandainya bisa, Untuk penjualan di daerah Pekanbaru atau Batam apakah ada Pabrik mengolah?
    Seperti di daerah Temangung dan Boyolali Jateng itu?
    3. Jarak ideal antar tanaman berapa Meter?
    Terus bibit yang siap ditanam itu minimal tingginya berapa cm?

    Mohon penjelasannya dan diblz via mail (infosantoso@yahoo.co.id)
    Trimakasih dan salam kenal

  24. Apakah sengon laut bisa tumbuh di tanah sawah ?
    Trimakasih

  25. bagaimana cara mengatasi pohon sengon yang mragas, kena ulat…… tmksih

  26. Mohon info peluang usaha sengon laut untuk wilayah NTB… ketersediaan lahan cukup luas… apakah pasar akan berpihak ke wilayah kami… karena diwilayah kami jauh dari usaha pengolahan kayu pasca panen… terima kasih…

    Indra Gunawan
    athagunawan@gmail.com

  27. Sengon itu bahan baku pembuat apa sih???
    Apakah memungkinkan untuk tanaman sengon di tanam,dirawat,dipanen dan di produksi menjadi barang jadi ( SIAP DIJUAL)disuatu tempat dimana kami tinggal???

  28. aku kan blom pernah tanam sengon….n gak tau sengon itu seperti apa,tapi sepertinya prospek ke dpn bagus tu….n kalau ada yg mau minjemin buat usaha tanam sengon,…boleh tuch…

  29. kalau ada yang mau menanam saham melalui kerjasama penanaman sengon dan jenis tanaman hutan lainnya silakan hubungi kami (0812263392)

  30. pak….minta penjelasan perbedaan sengon laut, sengon solomon dan sengon buto???? mohooonnn info nya…tks

  31. bagaimana cara mengatasi pohon sengon yang mragas, kena ulat…… tmksih

  32. yang minat untuk tanam sengon hibrida kwalitas lebih dari pada solomon bisa kontak kami atau bisa berkunjung di kebun kami untuk melihat langsung tanam sengon hibrida . kami menyediakan bibit dan siap memberikan advise bila mau tanam sengon.

  33. Tardi ferib abdillah

    dimana pemasaran pohon sehon setelah panen untuk daerah jawa tengah tepatnya di tegal bagian selatan makasih infonya

  34. Tardi ferib abdillah

    berapa harga pohon sengon per m3 pada waktu sekarang dan menghubungi siapa kalau ingin menjual pohon tersebut untuk daerah tegal bagian selatan makasih atas infonya

  35. pupuk apa yang tepat untuk pohon sehon yang berumur i=1th 6bln danberapa porsi per pohonya

  36. Saya punya kayu sengon dan bahan pallet dari sengon dan tanaman keras lainnya. yang berminat dapat menghubungi 0811235653

  37. anda ingin tanam sengon hibrida silahkan hubungi kami . siap untuk memberikan SOP penuh dengan bibit dari kami . please contact me 081335463596

  38. saya termivasi untuk memulainya pada awal musim penghujan tahun ini pada areal 10.000 m3. dimana saya bisa mendapatkan bibitnya yang terdekat dengan alamat saya (Sumbawa NTB)

  39. pohon sengon dikombinasi atau selang seling dengan jabon dan mahoni apakah bisa dan tidak merusak pohon yang lainnya,

  40. saya jual tanah + kayu sengon umur 5 tahun. luas 1ha terdiri dari skitar 2500 phon. dijual tanah+ kayunya. tertarik hub 081334732022

  41. di mana di jual bibit pohon sengon di Medan [sumut]…

  42. thanks infonya, mohon info lain sperti syarat tumbuh,lokasi yg cocok,biaya investasi untuk 1/2 hektar lahan.trimakasih

  43. saat ini kan musim tidak menentu, kadang beberapa hari panas yang terlalu kadang hujan yang terus menerus..apakah hal ini tidak berpengaruh apalagi pohon itu baru ditanam?? kemudian untuk penanamannya apakah pohon ini memerlukan banyak air apa secukupnya saja???

  44. wah jadi minat juga nich nanam sengon

  45. Turmono Astadiwangsa

    Bapak/Ibu
    Sengon dapat tumbuh dan berkembang di negara kita yang notabene intensitas sinar matahari dapat bersinar sepanjang tahun. Tapi disamping itu walaupun tumbuh terdapat beberapa persyaratan untuk tumbuh yakni iklim, kemiringan tanah, kandungan lempung, jenis tanah, tanaman pelindung dst.
    Terhadap hal-hal seperti itu agar tidak rugi akhirnya apalagi ketika sejumlah rupiah sudah diinvestasikan tapi hasilnya kurang memuaskan agar dapat mempertimbangkan juga faktor-faktor diatas tersebut. Sengon memang dapat tumbuh tapi tumbuh yang mana??
    ketika secara teori tumbuhnya sekian senti trus dengan harga yang berlaku jangan lupa bahwa itu dengan asumsi ketika tumbuh ditempat dan faktor pendukung lainnya yang ideal. Tapi ketika daerah tersebut memang cocok sekali ditanam pohon jenis ini dan perawatannya juga sesuai tanamlah karena hasilnya juga memang sangat ok….

    • tolong berikan saya info yang akurat biar kita semua sama untung dan tidak menyesal tx

      • wasteorganic4healthy

        Pak Komarudin , sebaiknya Bpk survey , di sekitar tempat Bpk. apa ada yg tanam sengon ,atau coba kontak orang2 Perhutani yg di lapangan, biasanya mereka dengan suka hati memberikan info , lokasi mana yg cocok untuk penanaman sengon laut. Seringkali kita bertukar pikiran dng mereka ,bagaimana cara menanam sengon yg murah meriah . Semuanya sangat tergantung dengan kondisi setempat.

  46. sudah banyak testimoni yg bagus2 dan sekali gus menambah ilmu tentang sengon , saya mau tanya aja apakah di daerah indonesia cocok di tanami sengon laut ? saya di daerah pegunungan pulau samosir di tengah danau toba apka cocok di tanam sengon tanahnya tanah liat yg merah setelah dicangkul ke dalaman 25cm Terima kasih

  47. Saat ini saya baru mengawali belajar menanam sengon laut. Apakah sengon laut cocok di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta, yang tanahnya merah dan masih liat.
    Terimakasih

  48. Kami sengonalbasia.com, mengajak pelaku bisnis di bidang hutan rakyat kayu industri yang tertarik dalam usaha kayu sengon solomon untuk kerjasama kemitraan investasi penanaman dan pemeliharaan pohon Sengon Solomon di wilayah kabupaten Ngawi- Jawa Timur.

    Adapun sistem yang kami berikan :

    1. Proyek Bagi Hasil

    - Total Biaya Investasi (untuk biaya sewa tanah maupun biaya produksi) disediakan Mitra Usaha, sementara kami bertanggung jawab untuk mengelola budi daya sampai penjualan/panen.
    - Pola bagi hasil yang dikembangkan adalah 70% untuk Mitra Usaha : 30% untuk kami Pengelola dengan perhitungan bagi hasil adalah dari keuntungan bersih.
    - Kami juga bertanggung jawab untuk mengurus surat menyurat yang terkait dengan jual beli sewa tanah.

    2. Proyek Tanam
    - Lahan dan biaya penanaman sengon solomon sampai siap lepas rawat ( sampai umur 2 tahun ) di sediakan oleh Mitra Usaha.
    - Kami menyediakan bibit sengon solomon dan tim untuk melakukan proses tanam dan pola pemupukan selama 2 tahun yang dilakukan 3 bulan sekali.
    - Hasil panen seluruhnya menjadi milik Mitra Usaha.

    Proposal penawaran kerjasama investasi usaha sengon bisa download di http://sengonalbasia.com

    Regards,
    Dwi

    ~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_
    Kelompok Tani Hutan Albasia
    Website: http://sengonalbasia.com
    E-Mail: Info@sengonalbasia.com

  49. sangat-sangat menarik

  50. Wahhhhh mantap nih informasinya. Kiata juga mu mulai nih inves di sengonnn, doa in semoga berhasil yaehhhh

  51. informasi menarik dan sangat berguna bagi saya

  52. kang Mas, saya mau tanya. “Untuk tanaman sengon jenis pupuk apa yang cocok agar mempercepat pertumbuhannya” Terima Kasih

  53. TRIMS ATAS INFONYA, MEMANG SAYA BERENCANA MENYEWA LAHAN UNT TANAM SENGON, SEMOGA DIBERI KEMUDAHAN. AMIEN

  54. berapa harga sengon laut per kubik saat ini. saya mau info pembelian bibitnya !

  55. Kira kira aja berapa harga kayu sengon ada 130 pohon diameter 10-25cm

  56. kira2 harga sengon pd thn 2014 bpa perbatang?soalnya di perkirakan pd thn 2014 insyaallah akan panen,masa tanam 5 thn thanks

  57. untuk pabrik sengon laut di daerah kebumen ada gak?soalya sy pengin jual langsung ke pabrik thanks

  58. permisi, mau tanya jarak ideal antara pohon sengon satu dengan lainnya itu sebaiknya jaraknya berapa meter supaya hasilnya maksimal?????

  59. maaf untuk mendapatkan bibit gratis bisa dapat dari mana????selama ini saya beli….terima kasih???saya buth 5000 bibit tolong hub 081901814615 / 085326052150

  60. saya membutuhkan log sengon laut super diameter diatas 19 cm… pembelian dalam jumlah besar,untuk bahan baku plywood,untuk menyuplai 6 pabrik di jawa tengah, jika berminat bisa hubungi saya 081391072700
    terima kasih

  61. Trima Kasih Atas Informasinya,,, sangat Membantu Kami MEngetahui Harga sengon perbatangny,,,,Alhamdulillah sampai Saat Ini Kami Mencoba Mengembangkan Sengon Sudah Mencapai 15,000 Pohon sengon,,
    Itu AKan Panen Pada Tahun 2014, Kira – Kira Berapa Harga Di Tahun 2014 NAnti..???

  62. yudi / kota batu
    bagaimana cara mencegah hama,seperti kumbang pengebor,dan batang yang benjol benjol,juga batang yang keluar getahnya,
    apa pemangkasan dahan di lakukan sejak dini,apa harus menunggu beberapa tahun dulu,
    atas bantuanya di sampaikan terima kasih,lahan saya 1/2 H. saya tanami 750 batang,sudah berumur 7 bulan,tapi pertumbuhanya tidak merata.
    terima kasih

  63. perihal pohon sengon laut saya sudah tahu dari buku sumber tapi kami kesulitan untuk mencari kulakan pembelian pohon tersebut. Mereka membeli model batangan bukan kubikan.
    Tolög Beri tahu saya alamat kulakan pembelian yang model kubikan

  64. salam sejahtera sebelumnya,. saya sangat tertarik dengan budi daya sengon laut,. dan saya rencana ingin mencoba untk menanam sengon laut,. yg saya ingin tanyakan,
    1. di mana saya bisa mendapatkan bibit sengon yg murah sprti yg di profil atas tadi 1 pohon rp 500 ??,
    2. dan berapa meter jarak untuk menanam sengon laut??
    3, untuk sengon laut yg ber umur 2 tahun tapi di seang oleh ulat yg memakan daun2 nya trus memakan batang2 nya, gimana solusinya??
    4. ada sebuah kejadian sengon laut yg sudah ber umur 2 tahun itu pohon mati ((garing) cuman setengah, jadi pohonnya cmn hidup setengah saja, yg setengahnya mati kering,.. untuk mngatasi and antisipasi tentang hal2 tersebut apa ada obat khusus untuk mengatasinya??? mohon bantuan dan sarannya, supaya bisa mendapatkan hasil yg maksimal waktu panen nantinya,. mksi,. saya tunggu balasan emailnya, di emal saya,. (rony mojokerto).

  65. TERIMA KASIH INFONYA YANG SANBGAT MEMBANTU SY .SAYA M,OHON INFORMASI DIMANA SAYA BS DAPATKAN BIBITNYA YANG MASIH BIJI. UNTUK DISEMAI DIDAERAH SAYA DI KALIMANTAN BARAT.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s